Cara Install IntelliJ IDEA untuk Pemrograman Kotlin di Windows 10

IntelliJ IDEA merupakan IDE (Integrated Development Environment), yaitu semacam text editor yang digunakan untuk menulis bahasa pemrograman yang memiliki banyak fitur canggih. IntelliJ IDEA sebenarnya bukan hanya digunakan untuk menulis bahasa pemrograman Kotlin saja, namun juga bisa digunakan untuk menulis bahasa pemrograman lain.

Pada tutorial ini kita akan install IntelliJ IDEA versi community, karena versi tersebut gratis dan juga sudah lebih dari cukup untuk belajar bahasa pemrograman Kotlin dasar. Sebelum kita install IntelliJ IDEA sebaiknya di laptop/PC kita sudah terinstall install JDK (Java Development Kit) terlebih dahulu.

Bagi yang belum install JDK, silakan download JDK nya di sini dan install. JDK dibutuhkan karena Kotlin membutuhkan JVM (Java Virtual Machine) untuk mengeksekusi kode Kotlin dalam bentuk bytecode, sehingga JDK sangat diperlukan sama halnya ketika memprogram dengan bahasa Java, apabila kita install JDK maka secara otomatis JVM juga ikut terinstall pula.

Berikut tahapan-tahapan untuk install IntelliJ IDEA :

1. Download IntelliJ IDEA 

Untuk memulai tutorial cara Install IntelliJ IDEA tentunya kita harus memiliki file instalasi IntelliJ IDEA. Bagi yang belum memiliki file instalasi IntelliJ IDEA, dapat mendownloadnya pada website resminya bisa melalui link ini.

Setelah membuka link tersebut maka akan dibawa ke halaman seperti contoh gambar dibawah. Pastikan berada pada pilihan tab Windows, kemudian klik Download pada versi Community (lihat bagian yang ditandai kotak merah).

Pada tutorial ini file download sebesar 616 MB, jadi pastikan kuota internet cukup dan pastikan juga koneksi internet lancar.

2. Install IntelliJ IDEA 

Setelah download selesai silakan jalankan seperti install software pada umumnya, yaitu bisa dengan cara klik 2 kali pada file instalasi tersebut, apabila muncul UAC seperti gambar dibawah silakan klik Yes.

Baca Juga  Tutorial Cara Install Eclipse ADT Bundle

3. Tampilan setup IntelliJ IDEA

Maka tampilan setup IntelliJ IDEA community akan tampil, silakan klik Next untuk memulai instalasi.

4. Direktori lokasi

Pada direktori lokasi install saya biarkan sesuai bawaan dan klik Next.

5. Option

Pada install option saya hanya memilih shortcut pada desktop sesuai versi windows yang digunakan, yaitu 364 bit, selanjutnya klik Next.

6. Choose start menu

Pada choose start menu folder saya biarkan default saya, lalu klik Install.

7. Proses install

Maka proses instalasi IntelliJ IDEA community dimulai.

8. Finish

Ketika proses instalasi selesai maka akan tampil seperti gambar dibawah, silakan ceklist Run IntelliJ IDEA untuk langsung menjalankannya, dan klik Finish.

Selanjutnya akan tampil pilihan JetBrains Privacy Policy seperti gambar dibawah, karena ini baru pertama kali install IntelliJ IDEA maka ceklis I comfirm that I have read and accept the terms of this Uer Agreement. Lalu klik Continue.

Selanjutnya tampil Data Sharing pada pilihan ini saya pilih Don’t Send

Sampai langkah ini kita sudah selesai install IntelliJ IDEA, namun ada sedikit setting JDK saat kita pertama kali membuka IntelliJ IDEA. Jadi silakan klik Create New Project.

 

Maka akan kembali ke tampilan New Project, Karena kita ingin belajar Kotlin menggunakan Java Virtual Mesin (JVM) maka silakan pilih Kotlin/JVM dan klik Next.

Selanjutnya silakan tulis nama project, pada tutorial ini nama project menggunakan nama BelajarKotlin dan silahkan pilih directori project lokasi, yaitu tempat tersimpannya project latihan ini, selanjutnya klik Finish.

Selanjutnya akan tampil tips untuk belajar Kotlin, jika ingin membaca tips nya silahkan klik next, jika mau langsung membuat palikasi klik close.

Baca Juga  INSTALASI ECLIPSE

Demikian untuk tutorial cara install IntelliJ IDEA di Windows 10.

Add Comment

error: Ga bisa dicopy