Membuat Project Pertama Kotlin dengan IntelliJ IDEA

Seperti yang diketahui banyak developer, Kotlin menjadi bahasa resmi pemrograman Android oleh Google pada 2017. Artinya mau tidak mau Android Developer harus upgrade bahasa pemrograman, sudah banyak artikel yang telah membahas alasan harus belajar dan migrasi ke Kotlin. Meskipun, komunitas bahasa pemrograman Kotlin masih sedikit.

Pada tutorial kali ini, akan dibahas bagaimana membuat proyek Kotlin pertama kali dengan IntelliJ IDEA.

Hal yang harus dipersiapkan :

  1. Pertama yang harus dipersiapkan adalah pastikan laptop/PC kita telah terinstall dan spesifikasi cukup untuk menjalankan IntelliJ IDEA. Untuk yang belum terinstal, silakan download aplikasinya di sini (pastikan koneksi internet stabil). Untuk spesifikasi Laptop untuk menjalankan IntelliJ IDEA adalah minimum RAM 2 GB (sangat disarankan RAM 8GB) dan ruang penyimpanan sekitar 2.5GB dan 1 GB untuk cache. Lebih lanjut bisa di lihat di sini
  2. Kedua, pastikan JDK atau Java Development Kit telah terinstall di laptop/PC, untuk yang belum terinstall bisa download di sini. JDK dibutuhkan karena Kotlin membutuhkan JVM (Java Virtual Machine) untuk mengeksekusi kode Kotlin dalam bentuk bytecode, sehingga JDK sangat diperlukan sama halnya ketika memprogram dengan bahasa Java.
  3. Ketiga, pastikan plugin Kotlin telah terinstall.

 

Membuat Proyek Pertama Kotlin Intellij IDEA

  1. Buka IntelliJ IDEA yang telah terinstall, tunggu beberapa saat kemudian akan muncul tampilan seperti ini
  2. Klik Create New Project, karena kita ingin belajar Kotlin menggunakan Java Virtual Mesin (JVM) maka silakan pilih Kotlin/JVM dan klik Next.
  3. Selanjutnya silakan tulis nama project, pada tutorial ini nama project menggunakan nama BelajarKotlin dan silahkan pilih directori project lokasi, yaitu tempat tersimpannya project latihan ini, selanjutnya klik Finish
  4. Selanjutnya akan tampil tips untuk belajar Kotlin, jika ingin membaca tips nya silahkan klik next, jika mau langsung membuat palikasi klik close
  5. Setelah itu, akan muncul halaman proyek yang telah kita buat, jika sudah muncul seperti ini maka proyek kotlin sudah siap
Baca Juga  Constanta dan Variable dalam C++

Ada dua cara untuk mengetes kode kotlin pada projek Kotlin di IntelliJ IDEA :

  • Pertama, menggunakan tools “REPL” (Read Eval Print Loop). REPL seperti menu terminal pada Android Studio dan Command Prompt namun fungsinya sebagai compiler.
  • Kedua, membuat kelas Kotlin dengan ekstension .kt.

 

Cara mengetes kode Kotlin dengan REPL

  1. Pilih menu “Tools” kemudian pilih “Kotlin” lalu pilih “Kotlin REPL”
  2. Kemudian, akan muncul tampilan seperti command prompt pada bagian bawah halaman proyek aplikasi.
  3. Kemudian, ketikkan kode Kotlin pertama kali pada REPL seperti berikut println(“Halo, Kotlin”), lalu jalankan kode tersebut dengan menekan shortcut pada Keyboard CTRL + ENTER sehingga hasilnya seperti berikut : “println” adalah kode yang fungsinya sama halnya dengan“system.out.println” pada pemrograman Java yaitu sebagai mencetak atau menampilkan. Pada contoh ini, mencetak kalimat “Halo , Kotlin” pada REPL, hasil menjalanakan kode dengan REPL berupa kalimat cetak miring berwarna hijau yaitu “Halo , Kotlin”.

 

Membuat kelas Kotlin Baru

  1. Klik kanan pada folder “src” pada proyek aplikasi kemudian pilih “New” > “Kotlin File/Class”
  2. Pilih file, beri nama file Kotlin, contoh dengan nama “CobaKotlin”, lalu tekan “Enter”
  3. File Kotlin yang telah dibuat akan memiliki ekstensi .kt sama halnya pada Java yang memiliki ekstensi .java. Pada halaman file Kotlin masih berupa halaman kosong, file tersebut masih bisa digunakan
  4. Karena akan mengetes kode Kotlin pada file CobaKotlin.kt maka struktur kode nya akan sedikit berbeda. Silakan ketikkan kode pada file Kotlin yang telah dibuat seperti berikut :
    fun main (args:Array<String>){
    println (“Halo, Kotlin”)
    }
    untuk menjalankan sebuah kode Kotlin pada file, maka membutuhkan sebuah main method atau method utama untuk memulai menjalankan kode. Pada Kotlin, method disebut dengan “fun” akronim dari “function”. method “main” berfungsi sebagai method utama untuk menjalankan kode Kotlin. Sehingga, ketika kode Kotlin dijalankan maka method “main” yang hanya akan diproses.
  5. Setelah itu, jalan kan kode tersebut dengan menekan tombol run atau shift+F10 pada keyboard, maka hasilnya seperti berikut :
Baca Juga  Bahasa Pemrograman Berbasis Android dengan Kotlin

Perbedaan menjalankan kode Kotlin dengan REPL dan file kelas Kotlin adalah REPL bisa menjalankan kode tanpa perlu method utama (langsung eksekusi) sementara file Kelas Kotlin membutuhkan method utama untuk menjalankan kode Kotlin.

Add Comment

error: Ga bisa dicopy