Cara Install Xampp di Ubuntu 20.04 LTS

Cara install Xampp di ubuntu 20.04 LTS hanya perlu menggunakan beberapa perintah yang dijalankan melalui terminal linux. Selain dapat diinstall pada linux, xampp juga dapat di install pada windows ataupun macOs.

Pengertian XAMPP

XAMPP adalah sebuah paket perangkat lunak (software) komputer yang sistem penamaannya diambil dari akronim kata Apache, MySQL (dulu) / MariaDB (sekarang), PHP, dan Perl. Sementara imbuhan huruf “X” yang terdapat pada awal kata berasal dari istilah cross platform sebagai simbol bahwa aplikasi ini bisa dijalankan di empat sistem operasi berbeda, seperti OS Linux, OS Windows, Mac OS, dan juga Solaris.

Sejarah mencatat, software XAMPP pertama kali dikembangkan oleh tim proyek bernama Apache Friends dan sampai saat ini sudah masuk dalam rilis versi 8.0.9.0 yang bisa didapatkan secara gratis dengan label GNU (General Public License).

Jika dijabarkan secara gamblang, masing-masing huruf yang ada di dalam nama XAMPP menurut para ahli memiliki arti sebagai berikut ini :

  • X = Cross Platform

Merupakan kode penanda untuk software cross platform atau yang bisa berjalan di banyak sistem operasi. Jadi, ada XAMPP untuk Windows, xampp for mac, dan untuk Linux. Semua itu bersifat free download xampp.

  • A = Apache

Apache adalah aplikasi web server yang bersifat gratis dan bisa dikembangkan oleh banyak orang (open source).

  • M = MySQL / MariaDB

MySQL atau MariaDB merupakan aplikasi database server yang dikembangkan oleh orang yang sama. MySQL berperan dalam mengolah, mengedit, dan menghapus daftar melalui database.

  • P = PHP

Huruf “P” yang pertama dari akronim kata XAMPP adalah inisial untuk menunjukkan eksistensi bahasa pemrograman PHP. Bahasa pemrograman ini biasanya digunakan untuk membuat website dinamis, contohnya dalam website berbasis CMS WordPress.

  • P = Perl

Sementara itu, untuk huruf P selanjutnya merupakan singkatan dari bahasa pemrograman Perl yang kerap digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Perl ini bisa berjalan di dalam banyak sistem operasi sehingga sangat fleksibel dan banyak digunakan

Baca Juga  Cara Install Apache, PHP, MySQL, dan phpMyAdmin di Ubuntu

 

Cara Install Xampp di Ubuntu 20.04 LTS

Untuk menginstall Xampp di Ubuntu ikuti langkah-langkah di bawah ini. Catatan cara tersebut tidak hanya untuk Ubuntu 20.04 tetapi juga untuk versi sebelumnya seperti Ubuntu 19.10, 19.04, 18.10, 18.04, 16.04 dan sebagainya.

Langkah 1 : Unduh File Xampp untuk Linux

Hal pertama yang kita lakukan adalah melakukan download file xampp agar dapat diinstall pada ubuntu 20.04 LTS. Kita dapat mengunjungi situs resmi melalui link berikut download apache.

Setelah membuaka link untuk download xampp tersebut, kita arahkan ke bagian XAMPP for Linux, dapat memilih versi xampp sesuai dengan kebutuhan project yang akan kita kembangkan, di sana kita akan melihat tiga versi. Pada tutorial ini akan menggunakan Xampp versi 8.0.9 / PHP 8.0.9 (64 bit)

Langkah 2 : Buka Terminal

Kita dapat menggunakan perintah CTRL + ALT + T atau cukup masuk ke opsi aplikasi dan mencari Terminal lalu menjalankannya.

Langkah 3 : Ubah Permission File Xampp

Sebelum mengubah permission dan masuk ke direktori file yang didownload, kita ketikan dulu sudo su di terminal, perintah tersebut akan mengubah hak akses user menjadi super user, hal ini akan memudahkan kita apabila menginstal dan sebagainya yang memerlukan akses sebagai super user.

Selanjutnya kita masuk ke lokasi download file xampp, secara default biasanya akan berada pada folder “Downloads“. Jalankan perintah cd Downloads untuk masuk ke direktori Downloads pada terminal linux, selanjutnya tekan enter. Perlu diperhatikan saat mengetikan sintak maupun nama direktori/folder besar kecil hurufnya harus sama persis, hal ini dikarenakan pada linux bersifat case sensitive.

Jadikan berkas yang sudah didownload sebagai berkas yang dapat dieksekusi, dengan mengetikan perintah chmod +x namafile.run. Karena nama filenya xampp-linux-x64-8.0.9-0-installer.run. Maka perintahnya menjadi chmod +x xampp-linux-x64-8.0.9-0-installer.run selanjutnya tekan enter.

Baca Juga  Mengatasi Apache Tidak Bisa Running di XAMPP Dengan Cara Ganti Port

Langkah 4 : Setup Installer

Untuk menjalankan setup installer, di terminal ketikan perintah ./xnama file.run sehingga pada tutorial ini menyesuaikan dengan nama filenya, maka perintahnya menjadi ./xampp-linux-x64-8.0.9-0-installer.run 

Setelah menjalankan perintah di atas maka akan muncul wizard install xampp, kita cukup klik “Next” hingga proses instalasi selesai.

Langkah 5 : Jalankan Server Apache dan MySQL

Setelah kita klik “finish” maka akan muncul popup aplikasi xampp control panel untuk mengaktifkan server mysql, apache, dan lainya. Pilih tab “Manage Servers”  kemudian klik “start all” agar service aktif.

Saat ini service telah aktif, kita dapat menggunakan xampp dan memulai membuat website. Ketika xampp control panel ditutup, untuk memunculkannya kembali di terminal kita ketikan perintah :

sudo /opt/lampp/manager-linux-x64.run .

Pada saat instalasi lokasi instalasi xampp sebelumnya ada di /opt/lampp. Bila kita ingin menghapus instalasi (uninstall) xampp bisa menjalankan perintah berikut :

sudo /opt/lampp/uninstall

Langkah 6 : Akses Website dan phpMyAdmin di Browser

File website dapat kita letakan pada direktori/folder “htdocs“ (computer/opt/lampp/htdocs), agar dapat diakses langsung pada browser.

 

Dan untuk mengakses di browser dapat menjalankan perintah http://localhost/ atau http://127.0.0.1/ pada browser.

Sedangkan bila akses phpmyadmin untuk kelola database, kita dapat menjalankan perintah http://localhost/phpmyadmin atau klik menu phpMyAdmin pada browser saat mengakses localhost.

 

Jika ingin menghentikan xampp, cukup gunakan perintah  sudo /opt/lampp/lampp stop di terminal linux. Jika ingin menjalankan kembali maka gunakan perintah sudo /opt/lampp/lampp start.

Demikian cara untuk instalasi Xampp pada sistem operasi Ubuntu versi 20.04 LTS dan versi lainnya. Semoga bermanfaat.

Add Comment

error: Ga bisa dicopy