Cara Mengatasi XAMPP Error Apache Shutdown Unexpectedly

Setelah menginstall XAMPP di Windows 7 dan Windows 10 kemudian menjalankan XAMPP Control Panel ternyata ada sedikit masalah yaitu apache tidak bisa start karena error Apache shutdown unexpectedly. Jika kita mencari penyebab dan solusinya di Google kemungkinan akan mendapat banyak kasus yang sama dengan penyebab dan cara mengatasi yang berbeda.

Oleh karena itu bisa jadi masalah yang anda hadapi saat Apache di XAMPP tidak bisa berjalan beda penyebabnya dan pasti beda juga solusinya, tetapi dari beberapa kali mencoba install XAMPP di Windows yang saya alami ketika muncul error Apache shutdown unexpectedly penyebabnya karena port 80 sedang digunakan.

Error yang muncul pada saat menjalankan XAMPP yaitu Apache tidak dapat dijalankan dan muncul pesan error berwarna merah dengan tulisan kira-kira seperti berikut :

9:04:41 AM [Apache] Error: Apache shutdown unexpectedly.
9:04:41 AM [Apache] This may be due to a blocked port, missing dependencies,
9:04:41 AM [Apache] improper privileges, a crash, or a shutdown by another method.
9:04:41 AM [Apache] Press the Logs button to view error logs and check
9:04:41 AM [Apache] the Windows Event Viewer for more clues
9:04:41 AM [Apache] If you need more help, copy and post this
9:04:41 AM [Apache] entire log window on the forums

Untuk Jalankan XAMPP Control Panel, kemudian klik Netstat lalu cek satu persatu socket yang sedang digunakan dan cari yang sedang mengakses port 80 dalam kasus ini adalah httpd.exe, lihat gambar dibawah.

Selanjutnya buka Windows Task Manger dengan cara tekan CTRL + ALT + DEL atau klik kanan pada Windows taskbar lalu pilih Task Manager.

Setelah terbuka pilih Tab Proccess lalu cari httpd.exe sesuai dengan proses yang sedang menggunakan port 80 pada saat kita cek dengan Netstat, kemudian pilih End Proccess dan jika muncul kotak konfirmasi pilih lagi End Proccess.

Baca Juga  Mengatasi Apache Tidak Bisa Running di XAMPP Dengan Cara Ganti Port

Kemudian tutup Task Manager dan cek kembali XAMPP Control Panel, lalu klik Start pada Apache dan jika memang penyebabnya karena port 80 yang digunakan apache sedang digunakan seperti pada kasus yang saya alami maka error tersebut akan hilang, artinya Apache pada XAMPP sudah bisa berjalan lagi seperti bisa anda lihat pada gambar dibawah.

Selesai, langkah diatas merupakan salah satu cara mengatasi Error apache dengan pesan Apache shutdown unexpectedly yang disebabkan port 80 sedang digunakan.

Jika pada Windows 10 masih terdapat error, kemungkinan belum terinstall Microsoft .NET Framework 4.7.2. Maka solusinya kita harus install dahulau framework tersebut, silahkan download dahulu Microsoft .NET Framework 4.7.2 di sini dan install jika sudah selesai download, kemudian coba jalankan Apache pada XAMPP Control Panel.

Jika cara diatas tidak dapat menyelesaikan error apache pada xampp yang tidak bisa start, bisa jadi penyebabnya berbeda salah satunya mungkin karena diblok oleh Firewall Windows.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


error: Ga bisa dicopy