Cara Install dan Konfigurasi Docker di Windows Desktop

Docker adalah suatu software atau tools yang dapat digunakan untuk membuat (create), menjalankan (run) dan melakukan deployment suatu aplikasi dengan menggunakan container. Sumber kode (source code) serta libraries terkait akan di paketkan dalam sebuah container.

Docker berbeda dengan virtual machine, setiap docker container menggunakan sistem operasi/kernel yang sama yang digunakan pada OS level.

Contohnya adalah suatu paket MEAN (Mongo, Express, Angular dan Nginx) stack, keempat komponen tersebut berserta komponen penjunjang (node modules/c libraries/dan lain-lain) akan dipaketkan dalam satu buah container. Sehingga pada saat deployment yang perlu dilakukan adalah melakukan installasi / konfigurasi pada container tersebut bukan melakukan installasi satu per satu dimasing-masing komponen MEAN itu.

 

Cara Install dan Konfigaurasi Docker di Windows Desktop

Docker dapat berjalan pada berbagai jenis platform mulai dari Windows, Linux ataupun Mac., jika sistem operasi yang digunakan adalah windows maka gunakanlah Docker Desktop versi Windows. Sedangkan jika docker ingin di jalankan pada server linux maka gunakanlah versi Docker Engine.

Tahapan-tahapan instalasi di Windows Desktop seperti berikut :

1. Download Docker Desktop dan WSL Update untuk windows

Docker Desktop dapat didownload pada halaman resminya yang beralamat di https://www.docker.com/products/docker-desktop , kemudian pilih versi Windows dan download versi Docker Desktop sesuai dengan sistem operasi.

Proses download akan memakan waktu relatif cukup lama tergantung dari kecepatan internet yang dimiiki, pilihlah versi stable untuk menghindari kendala-kendala terkait dengan aplikasi Docker Desktop.

Installer Docker Desktop memiliki ukuran sekitar 539 MB (pada saat ulasan ini dibuat, versi Docker desktop adalah versi v20.10.5).

Selanjutnya download WSL Update di alamat berikut ini https://wslstorestorage.blob.core.windows.net/wslblob/wsl_update_x64.msi .

 

2. Install aplikasi Docker Desktop

Baca Juga  Cara Membuat Daftar Tabel, Daftar Gambar dan Daftar Lampiran Otomatis

Jalankan file installer yang telah didownload tersebut, pastikan untuk menggunakan mode administrator dalam menjalankan proses installasi.

Layar installasi akan muncul seketika file installer tersebut dijalankan. Pada bagian configuration pilih opsi dibawah ini :

    1. Enable windows required features
    2. Add shortcut to desktop (optional, sangat disarankan agar mudah mengakses Docker).

Kemudian tunggu hingga proses installasi Docker selesai, ini akan membutuhkan waktu cukup lama tergantung dari spesifikasi laptop/komputer yang digunakan sebagai host machine Docker tersebut.

Setelah proses installasi selesai maka laptop/komputer diharuskan untuk direstart agar proses installasi dapat mengimplementasikan perubahan-perubahan pada sistem operasi dengan sempurna. Sampai tahap ini Docker telah berhasil ter-install pada komputer/laptop.

Selanjutnya Install WSL Update, pastikan untuk menggunakan mode administrator dalam menjalankan proses installasi, proses instalasi tidak begitu lama bahkan sangat cepat karena filenya yang sangat kecil. Setelah kedua file tersebut berhasil diinstall, selanjutnya restart Windowsnya.

 

3.Verifikasi bahwa docker telah berjalan dengan baik

Proses selanjutnya adalah memastikan bahwa program docker desktop yang sebelumnya di install dapat berjalan dengan baik pada sistem operasi. Pastikan untuk melakukan restart sistem operasi sebelum menjalankan langkah verifikasi ini.

a. Hyper v adapter

Jika proses installasi berhasil dengan baik., maka pada network adapter sistem operasi akan tambah dua adapter baru dengan nama :

      1. vEthernet (default switch)
      2. Virtual box host-only network

Kedua adapter ini dibutuhkan oleh Docker agar dapat melakukan kontainerisasi (containerization).

b. Berjalannya Docker background proses

Docker yang telah terinstall pada local machine/komputer/laptop secara default akan langsung berjalan pada background. Sehingga pada saat restart selesai (setelah proses installasi) pada taskbar bagian pojok kanan bawah akan muncul satu icon tray yang menandakan bahwa docker telah berjalan dengan baik.

Baca Juga  15 Ekstensi Visual Studio Code Terbaik untuk Web Developer

Kemudian jika icon tray tersebut di double klik, maka window konfigurasi docker akan muncul. Di sinilah dapat dilakukan berbagai macam konfigurasi sesuai dengan business case yang akan dipecahkan.

Catatan : pada beberapa laptop, Docker untuk desktop ini tidak akan berjalan karena fitur hyper-v yang tidak dapat berjalan sempurna karena fitur ini dikunci oleh root administrator, terdapat dua solusi untuk mengatasi permasalahan diatas yakni :

      1. menggunakan docker pada virtual machine (vmware/virtualbox/dan lain sebagainnya)
      2. menjalankan docker pada Cloud VPS (Virtual private server) ataupun pada dedicated server.

 

Referensi :

  • https://degananda.com/cara-install-dan-konfigurasi-docker-untuk-windows-desktop/

Related Post

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


error: Ga bisa dicopy