Tutorial Python #1 : Pengenalan Bahasa Python

Pengertian Bahasa Python

Python termasuk dalam interpreted languange, berbeda dengan c atau c++ yang termasuk dalam compile language. Compiler dan interpreted sama-sama berfungsi untuk mengeksekusi code program.

Compiler language adalah mesin (software) yang digunakan untuk menerjemahkan code program kedalam bahasa mesin agar bisa digunakan oleh komputer (mesin) dengan mengeksekusi keseluruhan dari code program. Contoh compiler misalnya bahasa C++ yang dicompile ke bahasa assembly terus masuk ke micro processor dan dari microprocessor baru dijalankan selanjutnya dicompile ulang untuk bisa digunakan. Hasil dari compile itu misalnya berektensi .exe. Contoh dari bahasa pemrograman yang menggunakan compiler adalah Visual basic, Fortran, Cobol, Pascal, C, C#, C++.

Sedangkan interpreted adalah program sistem yang berfungsi sebagai penerjemah dengan mengeksekusi perintah baris perbaris dengan mengikuti logika kode program tersebut. Misalnya ada sistem informasi akademik yang dibuat menggunakan PHP, untuk bisa menjalankannya kita membutuhkan interpreted (PHP, MySQL) dan source code dari sistem akademik itu sendiri. Contoh yang menggunakan interpreted adalah : PHP, ASP, Perl, Python.

Bahasa Python sendiri diciptakan oleh Guido Van Rossum pada tahun 1985 dan ada juga referensi yang mengatakan 1989. Guido Van Rossum menggunakan basic bahasa C dalam membuat interpreted python, dengan kata lain nenek buyut interpreted python adalah bahasa pemrograman C.

Keuntungan dari mempelajari bahasa python, diantaranya adalah :

  1. Python mudah di pelajari
  2. Documentasi lengkap dan mudah ditemukan
  3. Banyak perusahaan yang membutuhkan programmer yang menguasai python

 

Menurut survey dari stackoverflow.com ditahun 2022,  python menjadi bahasa nomer 4 (48.07%) yang paling banyak diminati oleh semua responden. Sedangkan untuk responden professional developer, python berada di urutan ke-4 juga (43.51% ).

Berdasarkan hasil survey dari stackoverflow di atas, maka dapat dilihat bahwa perkembangan dan kebutuhan programmer yang menguasai python sangat meningkat pesat, oleh karena itu bahasa python wajib dipertimbangkan dalam mempelajari pemrograman.

Baca Juga  Membuat Project Pertama Kotlin dengan IntelliJ IDEA

Python sangat banyak menyediakan framework yang bisa kita kembangkan baik itu  untuk aplikasi berbasis web, mobile dan desktop. Contohnya  dari framework python adalah django, web2py, pylon dan masih banyak lainnya. Python juga sangat banyak digunakan dalam proses analisis data (machine learning).

Tool yang perlu dipersiapkan dalam belajar python :

  1. Python interpreted yang membantu menerjemahkan bahasa python kedalam bahasa yang dimengerti mesin, kita bisa download di sini.
  2. Text Editor, tool yang digunakan untuk menulis kode program, kita bisa menggunakan text editor pycharm yang bisa didownload di sini. Pycharm terdiri dari Pycharm Professional dan Community, kita cukup download yang Community karena gratis, sedangkan yang Profesional berbayar .

 

Silahkan lakukan instalasi tool-tool yang disebutkan di atas untuk mempelajari bahasa python. Untuk pengguna linux biasanya tidak perlu untuk melakukan instalasi lagi dikarenakan kebanyakan distro linux sudah menyediakan secara default. Untuk cek apakah python sudah terinstall atau belum silahkan ketikkan python –version di cmd (windows) atau Terminal (linux).

python –version

 

Mode interuptif merupakan fitur yang disediakan oleh python dalam menuliskan kode program secara interuktif. Fitur ini dikenal sebagai shell, console dan sebagainya. Cara membukanya silahkan jalankan python IDE (di windows) dan terminal (di Linux).

Selain sebagai tempat untuk menuliskan kode program, fitur interuptif bisa digunakan untuk mencari bantuan, misalnya :

Fungsi dir() : fungsi yang bisa digunakan melihat apa saja yang tersedia dalam sebuah modul. Contoh kita akan meilihat modul dalam fungsi math. Dir(math)

fungsi dir(math)

Fungsi help() : fungsi yang digunakan untuk melihat documentasi suatu fungsi, contohnya kita akan melihat documentasi perpangkatan help(math.pow)

Demikian tutorial ke-1 dalam Pengenalan Bahasa Python, selanjutnya kita akan belajar cara install interpreted python dan text editornya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga  Deteksi Wajah (Face Detection) dengan OpenCV dan Python

 

Referrensi :

  • https://www.malasngoding.com/pengertian-dan-pengenalan-bahasa-python/
  • https://www.petanikode.com/python-linux/

Related Post

1 Trackback / Pingback

  1. Deteksi Wajah (Face Detection) dengan OpenCV dan Python - agussuratna.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


error: Ga bisa dicopy