Mengenal Definisi, Fungsi, dan Simbol dalam Entity Relationship Diagram (ERD)

Basis data atau database merupakan kumpulan informasi yang disimpan secara sistematis dalam perangkat komputer sehingga dapat dicari dan diperiksa melalui suatu program komputer saat informasi tertentu sedang dibutuhkan.

Ketika mendokumentasikan data atau proses hingga menjadi database, kita dapat meningkatkan pemahaman atas sistem tersebut dengan melihatnya dari beberapa perspektif.

Oleh karena itu, agar dapat menjadi sistem database yang rapi dan terstruktur, kita membutuhkan Entity Relationship Diagram (ERD), yaitu sebuah model untuk menyusun database agar dapat menggambarkan data yang mempunyai relasi dengan database yang akan didesain.

ERD atau Entity Relationship Diagram adalah suatu bentuk diagram yang menjelaskan hubungan antar objek-objek data yang mempunyai hubungan antar relasi, yang digunakan untuk merancang suatu basis data.

ERD digunakan untuk menyusun struktur data dan hubungan antar data, dan untuk menggambarkannya digunakan notasi, simbol, bagan, dan lain sebagainya.

ERD dipelajari karena memang bertujuan untuk membantu para pengembang sistem dalam merancang relasi antar tabel dalam membuat database, jadi sebenarnya ERD itu adalah bakal calon menjadi tabel, kalau rancangan ERD benar maka rancangan database juga akan menjadi benar.

ERD untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol. Pada dasarnya ada tiga komponen yang digunakan, yaitu Entitas, Atribut dan Relasi.

Simbol Entity Relation Diagram (ERD)

Simbol Nama Simbol Keterangan
Entities
Entity Suatu entity digambarkan sebagai sebuah persegi panjang yang memiliki nama entity tersebut.
Weak Entity Suatu entity yang tidak dapat diidentifikasikan melalui atributnya dengan sendirinya. Keberadaan weak entity bergantung kepada entity lain yang disebut owner entity.
Associative Entity Entity yang digunakan pada many-to-many relationship (banyak antar banyak).
Attributes
Attribute Dalam notasi Chen, Sebuah atribut digambarkan sebagai sebuah oval yang memuat nama atribut tersebut.
Key attribute Suatu atribut yang mengidentifikasi suatu entity dengan sangat spesifik atau unik. Nama dalam Key Attribute selalu di-underscore.
Multivalued attribute Attribute yang dapat memuat lebih dari satu nilai (Multivalued). Multivalued Attribute digambarkan dengan dua oval.
Derived attribute Suatu attribute di mana nilainya dihitung atau berdasar dari atribut lain. Derived attribute mungkin atau tidak dapat disimpan dalam database. Attribute ini digambarkan dengan oval putus-putus.
Relationships
Strong relationship Suatu relationship (hubungan) di mana sebuah keberadaan entity bergantung dengan entity lain, dan PK (Primary Key) dari Child entity (entity anak) tidak memuat komponen PK Parent Entity (entity induk). Strong Relationship digambarkan dengan belah ketupat.
Weak (identifying) relationship A relationship where Child entity is existence-dependent on parent, and PK of Child Entity contains PK component of Parent Entity. This relationship is represented by a double rhombus.Suatu relationship dimana keberadaan Child entity bergantung pada induknya, dan PK Child entity memuat komponen PK Parent entity. Weak Relationship digambarkan dengan dua belah ketupat.

1. Entitas

Entitas atau Entity merupakan kumpulan objek yang dapat diidentifikasikan secara unik atau saling berbeda, yang mewakili sesuatu yang nyata dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain. Simbol dari entitas biasanya digambarkan dengan persegi panjang. Selain itu, ada juga Entitas Lemah (Weak Entity) yang dilambangkan dengan gambar persegi panjang kecil di dalam persegi panjang yang lebih besar, disebut entitas lemah karena harus berhubungan langsung dengan entitas lain sebab dia tidak dapat teridentifikasi secara unik.

Baca Juga  Membuat CRUD Dengan PHP dan MySQL

entitas ERD

2. Atribut

Setiap entitas pasti mempunyai elemen yang disebut atribut yang berfungsi untuk mendeskripsikan karakteristik dari entitas tersebut. Simbol atribut diwakili oleh simbol elips dan terbagi menjadi beberapa jenis :

    1. Atribut Kunci (Key Attribute): atribut yang digunakan untuk menentukan entitas secara unik. Atribut ini digambarkan simbol oval dengan keterangan bergaris bawah. Contoh: Nomor Induk SIswa (NIS), NIM (Nomor Induk Mahasiswa).
    2. Atribut simpel: atribut bernilai tunggal yang tidak dapat dipecah lagi (atomic). Contoh: Alamat, tahun terbit buku, nama penerbit.
    3. Atribut Multinilai (Multivalue Attribute): atribut yang memiliki sekelompok nilai untuk setiap entitas instan. Multivalued Attribute digambarkan dengan dua oval. Contoh: nama beberapa pengarang dari sebuah buku pelajaran.
    4. Atribut gabungan (Composite Attribute): atribut yang terdiri dari beberapa atribut yang lebih kecil dengan arti tertentu. Contoh: nama lengkap yang terbagi menjadi nama depan, tengah, dan belakang.
    5. Atribut Derivatif : atribut yang dihasilkan dari atribut lain atau berdasar dari atribut lain dan tidak wajib ditulis dalam diagram ER. Derived attribute mungkin atau tidak dapat disimpan dalam database. Atribut ini digambarkan dengan oval putus-putus. Contoh: usia, selisih harga

 

2. Hubungan / Relasi

Hubungan antara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda. Gambar relasi diwakili oleh simbol belah ketupat, dalam relasi terdapat derajat hubungan antar entitas yang disebut dengan kardinalitas.

Kardinalitas/ Derajat Relasi yaitu menunjukan jumlah maksimum entitas yang dapat berelasi dengan entitas pada himpunan entitas yang lain. Kardinalitas relasi merujuk kepada hubungan maksimum yang terjadi dari himpunan entitas yang satu ke himpunan entitas yangn lain dan begitu juga sebaliknya. Kardinalitas relasi yang terjadi diantara dua himpunan entitas dapat berupa :

    1. One to One (1:1) : Setiap anggota entitas A hanya boleh berhubungan dengan satu anggota entitas B, begitu pula sebaliknya. Contoh: suami dengan istri  
    2. One to Many (1:M) : Setiap anggota entitas A dapat berhubungan dengan lebih dari satu anggota entitas B tetapi tidak sebaliknya. Contoh: Ibu dengan anak.
    3. Many to many (M:M) : Setiap entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas himpunan entitas B dan demikian pula sebaliknya. Contoh: siswa dan ekstrakurikuler.
Baca Juga  Migrasi Database WordPress dari Localhost ke Hosting

Langkah-langkah pembuatan ERD :

  1. Sebelum menyusun kerangka ERD, kita harus menentukan entity apa saja yang diperlukan dalam struktur ini.
  2. Kemudian, tentukan relationship atau hubungan antar satu entity dengan lainnya.
  3. Setelah terbentuk relationship, tentukan cardinality ratio dan participation constraint dari entity.
  4. Beri attribute yang diperlukan pada tiap entity.
  5. Beri Key dan LRS (Logical relational structure) pada masing-masing entity yang diperlukan.
  6. ERD sudah terbentuk.

 

Tools yang digunakan untuk membuat ERD :

1. dbdiagram

Dbdiagram adalah tools untuk mendesain database dengan cepat. Dalam pemrogramannya, dbdiagram memiliki bahasa yang mudah dipahami dan eksklusif untuk penggambaran ERD. Dbdiagram menyediakan penyimpanan online dan dapat dengan mudah dishare. Terlebihnya lagi, dbdiagram tidak berbayar untuk menikmati fitur-fiturnya.

2. Draw.io

Draw.io merupakan tools untuk menggamabar ERD yang cukup baik. Tidak hanya tools ERD, draw.io jug berfungsi sebagai flowchart maker atau algoritma. Draw.io sudah mendukung penyimpanan berbasis cloud seperti drive, oneplus, maupun non-cloud.

3. Lucidchart

Lucidchart dipasarkan lebih kepada designer professional. Lucidchart menawarkan tools dengan interface dan penampilan yang sangat baik. Meski berbayar, Lucidchart juga menyediakan free version yang cukup lengkap. Lucidchart mendukung penyimpanan cloud maupun storage.

4. SQLDBM

SQLDBM merupakan tools ERD terbaik bagi yang menjalankan database berbasis MySQL atau MS SQL. SQLDBM dapat bekerja dimana saja pada browser apapun tanpa memerlukan database engine tambaban. Selebihnya SQLDBM bersifat gratis dan cocok bagi yang menjalankan database menggunakan SQL.

5. QuickDBD

QuickDBD adalah tools ERD yang berbasis teks, dan dengan cepat menggambar diagram yang diperlukan. Meski berbayar, QuickDBD juga menyediakan free version dimana kita dapat mencoba terlebih dahulu. QuickDBD juga menyediakan export ke berbagai format seperti SQL, PDF, maupun word. QuickDBD cocok bagi yang menyukai ERD Text based dan cepat dalam mendesain.

Baca Juga  Cara mengatasi #1273 - Unknown collation: 'utf8mb4_unicode_520_ci' di phpmyAdmin

 

Contoh ERD :

 

Referensi :

  • https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/TAHAPAN_PEMBUATAN_ERD_MATERI_05.pdf
  • https://www.jagoanhosting.com/blog/erd-apa-sih-itu/
  • https://www.dewaweb.com/blog/entity-relationship-diagram/

Add Comment

error: Ga bisa dicopy